My Supermom :')

22 Desember, semua orang di Indonesia tahu kalau hari ini adalah Hari Ibu. Hari yang dikhususkan untuk menghormati jasa wanita yang telah membesarkan raga ini semenjak kecil dan menerangi jiwa ini dengan cahaya kehidupan. Sebenarnya, ntuk mengungkapkan rasa terima kasih terhadap beliau tidak perlu menunggu hari ini datang. Karena, setiap hari menurut gue adalah hari dimana kita harus selalu menjaga rasa hormat dan sayang kita terhadap beliau. Jadi, setiap hari adalah Hari Ibu.

Menurut gue sendiri, mama adalah wanita tertangguh yang pernah ada di hidup gue. Ya, statement ini pasti diungkapkan banyak orang terhadap mamanya sendiri, tentunya gue termasuk. Ga perlu tanya kenapa, dan gue rasa tanpa perlu gue jawab semua orang juga tahu apa alasan gue mengatakan hal tersebut. Alasan gue sama dengan kebanyakan orang kok.

Tapi, ada satu hal yang menjadikan gue berkata bahwa mama adalah wanita tertangguh yang pernah ada di hidup gue. Dan bagi beberapa orang yang kenal gue pasti tahu alasannya.

Intinya, mey sayang banget sama mama. <3

Mama adalah orang yang kuat. Mama itu tegar. Gue ngomong ini bukan tanpa alasan. Bulan Juli-Agustus 2010 merupakan saat terberat yang keluarga gue alami. Abah gue tiba-tiba sakit. Waktu itu gue lagi ga di Demak. Udah seminggu gue balik ke Anyer buat liburan kenaikan kelas dari kelas X ke kelas XI

Ada cerita, sebelum keberangkatan ke Anyer, gue sempet ribut sama mama. Gue sebenernya ga diijinin sama mama buat ke Ayer. Gue ga tahu apa alasannya, dan entah kenapa gue maksa banget harus ke Anyer saat itu juga. Awalnya gue pengen sendirian ke sana, tapi abah jelas-jelas ga ngijinin kalo gue sendirian, secara gue baru aja 16 tahun, walaupun gue yakin, umur berapapun gue saat itu tetep ga dibolehin sendirian. Akhirnya gue berangkat sama abah.

Dan di beberapa hari kemudian, gue tahu, ini adalah kesalahan terbesar gue.

Hari senin 5 juli 2010, sejauh yang gue inget, abah tiba-tiba sakit. Gue ga tahu apa sebabnya. Beberapa saat kemudian abah gue dibawa ke Rumah Sakit. Banyak kejadian yang gue ga inget di hari ini. gue beneran ga inget karena pikiran gue sendiri kacau, kejadiannya cepet banget, Cuma sekilas tapi beneran bikin gue shock. Sampe seakrang aja gue masih setengah berharap kalau kejadian waktu itu Cuma mimpi.

Sehari kemudian mama udah ada di Rumah Sakit, gue beneran lupa apa aja kejadian di minggu-minggu ini. Yang gue inget mama terlihat tegar saat itu. Gue lihat di sini mama mencoba untuk kuat.

Gue ada di sana cuma sampe tanggal 17, karena tanggal 19 gue harus udah balik ke Demak. Sekolah gue udah masuk dari tanggal 12, ya, gue ijin 5 hari. Selama di sekolah, ga ada satupun pelajaran yang gue inget.

Abah di rawat di RS sebulan lebih. Dan selama itu pula gue ga bisa konsentrasi di kelas. Seengganya, gue dateng ke sekolah cuma buat ketemu temen-temen, dan pikiran gue dapat teralihkan sebentar.

Gue inget itu bulan puasa, dan gue inget, gue ga ada nafsu makan buat sahur maupun buka. Bawaannya gue pengen ke RS aja.

29 Agusutus, Minggu pagi, Gue udah sms temen gue, kalo ga salah Hana, buat ngurusin tugas karena besok rencananya gue mau ke sana lagi. Siangnya gue ke warnet, mau ngirim tugas. Baru beberapa menit di warnet, mama telpon, yang jelas gue cuma disuruh ngasihin HP gue ini ke om gue. Disitu gue udah mulai ngerasa ga enak.

Abis itu, gue balik ke warnet, baru jalan sebentar, gue ditelpon lagi. Dan abis itu gue ga inget apa-apa. Gue denger-denger Abah udah ga ada, tapi ga ada yang ngomong langsung ke gue, tapi gue tahu, kalo Abah udah ga ada.

Gue tiduran di kamar, gue diem di kamar, seinget gue, gue pegang rubik, dan secara ga sadar, rubik itu gue rusak. Gue ga nangis, ga ada airmata yang keluar. Secara ga sadar gue nolak kenyataan bahwa abah gue ga ada. Di kamar gue denger ada yang nanya ke budhe, apa benar bokap gue udah ga ada, gue spontan ngelempar rubik gue. Bahkan waktu salah seorang temen gue sms ngucapin bela sungkawa, gue bilang ke dia ‘ga kok, abahku belum meninggal :’)’ sampai akhirnya mama sendiri yang bilang ke gue lewat telpon, gue baru bener-bener sadar kalau abah emang udah ga ada dan gue baru bisa nangis saat itu juga.

Jenazah abah gue nyampe jam setengah 3 pagi, dan lagi-lagi gue cuma bisa mematung. Gue ga bisa mikir apa-apa. Gue waktu itu udah ga nangis. Yang gue inget, kakak perempuan gue dibawa ke kamar karena dia pingsan. Sedangkan mama? Gue liat muka mama, keliatan cape, dan sedih. Gue ga pernah liat muka mama sesedih itu sebelumnya. Tapi biarpun begitu mama mencoba untuk setegar mungkin dihadapan keluarga yang ada di rumah. Gue salut sama mama.Gue ga bisa ngebayangin gimana usaha mama nahan ksedihan di hadapan abah gue waktu beliau di rawat. Gue ga bisa kayak gitu, tiap gue baru mau masuk ICU tempat abah di rawat aja gue udah ga kuat nahan airmata. Sedangkan mama? Beliau nemenin abah tiap hari di ruangan, begitu abah rawat jalan pun mama tiap saat ada di sebelah abah. Mama berusaha sekuat mungkin biar airmata ga ada yang tumpah, mama gue bisa. Gue ga bisa.

Sekarang, Gue tinggal sendirian di Semarang, mama dan kakak-kakak gue tinggal di Cilegon. Kita udah ga di Anyer lagi ga lama setelah abah ga ada. Ngeliat gue sekarang, gue sedikit kagum sama diri gue yang ternyata bisa untuk tinggal jauh sama keluarga. Mama masih tetep jadi wanita terkuat di hidup gue, mama tetep jadi istri yang paling baik buat abah, mama tetep jadi orang yang paling hebat bagi anak-anaknya, dan sekarang mama juga jadi mbah yang tangguh bagi keponakan gue tersayang. :')

Gue rasa tulisan ini cukup sampai di sini dulu. Sorry kalo penulisannya kacau. Gue udah coba buat semaksimal mungkin nulis cerita ini tanpa ngeluarin airmata, nyatanya tetep ga bisa. Sorry kalo jalan ceritanya sedikit berantakan, gue masih belum bisa lepas buat ceritain semuanya.

Buat mama, makasih atas semuanya yang ga mungkin mey jelasin satu-satu. Maafin mey yang sampe saat ini masih ngerepotin mama. Love you :*

Leave a Reply