Welcome 2014 ^^

Anggap aja ini #Latepost

Ga kerasa ya, udah 2014. Lebih tepat lagi, udah 2 Januari nih. Tapi jujur ya, gue belum ngerancang segala macem resolusi buat tahun ini seperti orang kebanyakan. Gue juga ga tahu kenapa bisa-bisanya gue belum punya resolusi mau apa aja gue di tahun ini. Sebenernya dari tahun baru 2013 juga sih gue udah ga bikin list-to-do, wishes, dan sebagainya. Kesannya gue kayak orang yang ga punya mimpi dan harapan sama sekali, ya kan? Padahal sih gue yang bingung mau nulis apa karena saking banyaknya hal yang ingin gue capai dan apa aja yang gue pengenin. Akhirnya gue ga nulis dan ga ngepost apapun yang berkaitan sama harapan gue di awal tahun. Cukup gue sama Yang Di Atas aja yang tahu ^^

Jadi, apa sih yang gue harapkan di tahun 2014 ini?

Ga muluk-muluk. Sama kok kaya kebanyakan orang lainnya, gue pengen kebahagiaan, kesehatan, kesejahteraan bagi gue dan keluarga. Simple sih, tapi menurut gue ini yang paling penting. Gue ga perlu panjang lebar buat jelasin hal ini, gue anggap semua udah tahu, karena alasannya pasti ga jauh beda sama kalian.

Terus, harapan lainnya? Akhir 2014 gue harus kurusan. HARUS!!! Bismillahirrahmanirrahiim, semoga bukan cuma jadi wacana doang. FIX!

Terus gue juga mau ngubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang gue lakukan. Secara, 4 bulan 15 hari lagi gue udah memsuki kepala dua. So, gue dituntut untuk lebih dewasa dalam menyikapi segala hal. HARUS!!! Harus makin rajin, kurangin level prokrastinasi dan kecerobohan gue, jaga pola makan dan pola tidur (yang ini moga bisa terealisasikan, mengingat beban semester 4 dan 5 yang gue yakin ga nyante banget).

IP apa kabar? Ok, biar gue jelasin

Tepat pada tanggal 30 Desember 2013 kuliah semester 3 gue kelar. Kok bisa lebih cepet dari kebanyakan anak Undip lainnya? Jelaslah, Psikologi Undip angkatan gue pakenya sistem blok, Kurikulumnya juga beda sama yang lain. Dimana gue dan temen-temen Psiko Undip 12 lainnya jadi semacam ‘Kelinci Percobaan’ buat njajal (*nyoba) kurikulum yang bernama KBK. Oke gue kasih gambaran dikit, KBK itu lebih mengutamakan softskill dari mahasiswanya, jadi dosen ngejelasin dikit aja, selanjutnya mahasiswa berusaha sendiri. Selain itu lebih banyak tugas-tugas yang nuntut kita lebih kreatif, dan sering-sering banget presentasi dan diskusi kelompok. Kita ga ada tuh yang namanya UTS, UAS, sama SP. Kuis juga harusnya ga ada, tapi beberapa dosen masih ngasih kuis juga sih ._. So, wajar kalo kuliah kita selesai lebih cepet dibanding kakak-kakak senior Psikologi dan mahasiswa fakultas lainnya. Apalagi semester 3 ini kita kuliah Cuma 3 hari dalam seminggu.

Kelihatannya sederhana, cenderung enak. Kebanyakan orang pasti bilang gini “Duh enak ya, ga ada UTS, UAS, sama SP” Tapi kenyataannya? berat dijalaninnya broooh !!! Ada lagi yang tanya, “Kok bisa? Emang kenapa?”. Kuliah kita emang cuma 3 hari, dan yang harus kalian tahu, semester 3 ini kita cuma dapet 3 makul, dan satu harinya kita kuliah satu makul.


“Lah kok bisa begitu?”

Jadi gini, dari awal semester satu sampe ntar kita lulus nanti, mata kuliah yang kita ambil berikut beban SKSnya udah ditentuin sama pihak kampus. Begitu juga masalah kelas dan dosen pengampu. Jadi kita ga bisa sesuka kita masuk ke suatu kelas bareng temen se-geng. Untuk semester 3 kemaren, gue dapet 22 SKS. Bisa diitung sendiri kan berarti berapa sks tiap satu makulnya? Yups, bener, 7-8 sks. Bayanginlah gimana maboknya kita kuliah seharian full dengan makul yang sama ditambah tugas yang ga bisa dibilang sedikit dengan deadline yang gabisa dibilang sebentar. Selama November- Desember, dimana bulan akhir semester 3 (untuk beberapa kelas, termasuk kelas gue. Soalnya masih ada yang kuliah hari ini) kita ngerjain projek tugas akhir yang bisa dibilang ga nyante. Banyak temen seangkatan yang sakit di bulan ini. Faktor cuaca juga sih ya, ditambah lembur gegara deadline yang udah di depan mata.

So, gue rasa wajar banget kalo kita libur lebih cepet.

Balik lagi ke IP. Untuk IP semester 3 ini emang belum keluar. Keluarnya nanti setelah yang lain kelar UAS. Tapi gue sih ga ngarep muluk-muluk dapet IP bagus, secara you know lah, dengan mata kuliah yang cuma tiga makul dengan formasi 8-7-7 sks dan tugas yang ribet pasti ada kemungkinan IP turun. Bukan pesimis, tapi rasional dikitlah, walaupun kesannya emang horror sih, ngebayangin kalo satu makul aja ada yang nilainya B, udah pasti wassalam banget IP kita. Untungnya gue lahir di keluarga yang ga mentingan berapa nilai gue, yang penting udah usaha semaksimal mungkin dan ga ngecewain keluarga dengan perilaku gue. Tapi tetep aja sih, gue rada sedikit khawatir, kalo-kalo IP gue terjun bebas dan ngecewain keluarga. Ya, berapapun IP gue nanti yang penting gue udah berupaya semaksimal mungkin. Tinggal ningkatin usaha gue di semester 4 yang formasi SKSnya 8-8-7.

Balik ke harapan gue di 2014. Secara garis besar kesemua hal diatas udah jelasin apa aja yang gue harapkan di tahun ini. Sebenernya masih banyak harapan gue di tahun ini. Salah satunya, semoga Negeri ini punya pemimpin yang bertanggungjawab buat 5 tahun ke depan. Seorang pemimpin yang tidak hanya berada di kursi kebangsaannya, tapi mau turun tangan langsung ke rakyat, yang bisa mereparasi negeri yang sudah morat-marit ini menjadi bangsa yang tidak dipandang sebelah mata lagi oleh orang-orang di luar sana. Kesannya klise banget harapan gue, tapi emang bener kok, kalian juga sadar kan gimana keaadan Ibu Pertiwi kita sekarang? Semoga kali ini beneran ada pemimpin yang bukan cuma mengobral kata-kata sampah. Gitu aja. Basically, gue bukan mahasiswa yang paham politik. Malah, gue cenderung apatis. Tapi sebagai mahasiswa yang (katanya) merupakan generasi penerus pergerakan bangsa, ga mungkin juga gue menutup mata akan kondisi ini. So, kita sebagai mahasiswa harus peduli dengan segala situasi ini. Mungkin saat ini kita belum bisa benar-benar terjun ke masyarakat. Belum sepenuhnya mengabdi. Tapi bukan berarti kita tidak berbuat apapun juga kan?! ^^ HIDUP MAHASISWA!

(~^o^)~ (~^o^)~
~(^o^~) ~(^o^~)
(~^o^)~ ~(^o^~)
~(^o^~) (~^o^)~
(~^o^~) (~^o^~)


Inget, Jangan golput! Meskipun gue sendiri belum tahu siapa yang bakalan gue pilih, sebisa mungkin gue pasti milih yang menurut gue paling baik. Setidaknya, kita ga menyalahkan orang lain jika nantinya pemimpin yang kita pilih ternyata tidak sesuai harapan. Jangan salahkan pemimpin jika kinerjanya buruk jika kita saja tidak mau milih pemimpin yang baik.

Sebenernya masih banyak #2014wish gue, tapi gue rasa ga perlu gue posting disini juga. Cukup gue sama Yang Di Atas yang tahu. ^^)/

Intinya, semoga 2014 lebih baik dari 2013. Udah. Gitu aja! Aamiiin


-maydhea

Leave a Reply